10. Kejadian Penting Dalam Sejarah Indonesia

Posted by Unknown On Tuesday, October 30, 2012 2 comments


   Sejarah Indonesia sebagai bangsa merdeka memang baru berusia 65 tahun, tapi tahukah Anda Indonesia yang kita nikmati sekarang dibentuk dan ditempa oleh kejadian kejadian penting di masa lalu. Dalam daftar ini penulis mencoba memilih kejadian alam atau rekayasa manusia paling penting, monumental dan paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia.


1. Supervolcano Toba Meletus 67.500-73.500 ribu tahun yang lalu
Dana toba yang kita nikmati keindahannya sekarang dahulunya merupakan Gunung berapi yang meletus sangat dahsyat di jaman purba. Kedahsyatan tersebut dikategorikan oleh ilmuwan dengan skala VEI 8 ( Paling tinggi ), yang dipercaya merupakan bencana alam terhebat dalam 25 Juta tahun terakhir.
Ilustrasi kedahsyatan erupsinya dibandingkan dengan ledakan krakatau digambarkan oleh beberapa ilmuwan seperti membandingkan lilin dengan rumah 2 lantai yang terbakar. Letusan ini dipercaya mengakibatkan bergesernya iklim yang membunuh 90 % makhluk hidup termasuk manusia purba.
Sisa sisa kerusakannya masih dapat dilihat sekarang dalam bentuk danau yang merupakan sisa dari material yang berhamburan pada saat ledakan.
2. 2000-3000 BCE Menyebarnya Melayu Tua dari Yunan

 
Konsensus ilmuwan menyatakan bahwa suku bangsa Indonesia yang ada sekarang salah satunya berasal dari Cina selatan-tepatnya di daerah Yunan. Suku bangsa tersebut melakukan migrasi yang berlangsung sampai ratusan tahun. Migrasi ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya : bencana alam, peperangan antar suku dan adanya naluri dasar manusia untuk mencari tempat hidup yang lebih baik.
Suku bangsa ini dikenal sebagai melayu tua (proto melayu) yang diduga mendarat di pulau sumatera untuk kemudian menyebar ke seluruh Indonesia. Teknologi yang dibawah oleh suku ini adalah megalithikum (batu besar) dan palaeolithikum ( batu tua) yang mewarnai sejarah bangsa bangsa di dunia.

Peninggalan bangsa ini sampai sekarang bisa dilihat dalam bentu menhir, punden berundak dan artifak peperangan / perburuan. Anehnya skala keteknikan megalithik sungguh luar biasa, beberapa batu yang ada di dalam situs di sulawesi selatan mempunyai bobot diatas 50 Ton, Bobot yang tidak mudah dipindahkan bahkan oleh crane raksasa modern.

3. 1336 M Sumpah Palapa Majapahit
  
  
Sumpah palapa merupakan janji yang diucapkan seorang mahapatih majapahit bernama Gajah mada untuk  melepaskan puasa ( ragawi maupun rohani ) sebelum menaklukkan daerah daerah yang belum dikuasai Majapahit. Teks bahasa jawa dari sumpah tersebut yang berasal buku para raja (pararaton) adalah.
“Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukita palapa, sira Gajah Mada : Lamun huwus kalah nusantara Ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa”
artinya
Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.
Sumpah ini dipercaya merupakan salah satu tolak kebangkitan dan pemersatu nusantara yang dilakukan oleh kerajaan superpower pada saat itu yaitu Majapahit. Bahkan pada awal berdirinya Indonesia Ir Soekarno sering mengutip sumpah tersebut yang merupakan bukti kemegahan masa lalu bangsa Indonesia
Trivia :
• Sekarang nama gajah mada abadi sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia.
• Nama Palapa digunakan sebagai satelit telekomunikasi yang diluncurkan indonesia
• Nama palapa digunakan sebagai jaringan indonesia timur yang dicanangkan Kominfo

4. 1512 Kedatangan Bangsa Eropa

 
  
Bangsa eropa yang didorong oleh 3G (Gold Glory Gospel) mulai datang ke Indonesia pada awal abad ke 15. Bangsa pertama yang mendarat di Indonesia adalah Portugis yang mendarat di maluku.
Kedatangan bangsa eropa ini awalnya damai yaitu bermotif perdagangan dan penyebaran agama, namun lambat laun merambah dunia politik kerajaan kerajaan. Awal dari pendudukan permanen bangsa eropa adalah berdirinya VOC di tahun 1602 dan berkedudukan di Batavia (Jakarta Sekarang). VOC yang merupakan korporasi modern pertama di dunia melakukan eksploitasi tidak adil terhadap sumber daya manusia dan alam bangsa Indonesia.
Awal dari akhir dari kolonialisme bangsa barat adalah kalahnya belanda dari jepang tahun 1942 dan merdekanya Indonesia tahun 1945.
Trivia
• VOC merupakan nama perusahaan yang disebut sebut oleh Jack Sparrow dalam serial Pirate of the Carribian.
• VOC merupakan perusahaan modern pertama di dunia

5. 1815 Meletusnya Tambora
 

Tambora merupakan gunung stratovolcano aktif yang ada di daerah sumbawa, Indonesia Timur. Pada tahun 1815 gunung tambora meletus dahsyat dan mencapai VEI (Volcano Erupticity Index ) 7. Letusan ini dipercaya merupakan letusan paling kolosol dalam “sejarah tercatat”
Dampak dari letusan ini adalah hilangnya peradaban di sekitar gunung tersebut dan berdampak global luar biasa. Letusan tambora menyebabkan seantero bumi ditutupi abu asap yang menutupi matahari sehingga muncul kiasan “year without summer” oleh bangsa eropa.
Dampak dari letusan dan ditambah lagi kurang meratanya kue pembangunan adalah sangat tertinggalnya kepulauan Sumbawa dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia
Sekarang gunung tambora bisa dilihat dalam perjalanan dari kota dompu / bima menuju mataram melalui jalan darat-yang memakan waktu 16 jam.

  
6. 1883 Meletusnya Krakatau

   
Krakatau merupakan gunung berapi Indonesia yang terletak di Selat Sunda dan pernah meletus tahun 1883. Pada tahun 1883 Ledakan krakatau jauh lebih lemah daripada erupsi kolosal lainnya tapi pada tahun krakatau meletus instrumen pencatatan geologi dan seismik sudah mulai maju, ditambah lagi sudah ditemukannya telegram sehingga berita meletusnya krakatau merupakan “trending topic” jaman itu
Letusan krakatau mempunyai skala VEI 6 yang sangat jarang dijumpai dalam sejarah modern. Akibat dari letusan gunung krakatau kubah(cone) dari gunung tersebut terlepas dan sebagian besar gunung hilang. Sekarang muncul anak krakatau yang setiap tahunnya bertambah tinggi 4 inchi.
Untuk memudahkan transportasi antara jawa ke sumatera, muncul ide pembuatan jembatan selat sunda yang menghabiskan dana sampai 120 Trilyun rupiah. Jembatan 35 Kilometer ini jika jadi pada tahun 2020 akan menjadi jembatan di atas air nomor 2 terpanjang di dunia
Trivia
• Nama kapal dalam film kingkong classic dan 2003 adalah krakatoa yang merupakan transliterasi dan nama krakatau dalam bahasa Inggris.

 7. 1945 Kemerdekaan Indonesia

        
Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Soekarno dan M. Hatta pada tanggal 17 agustus 1945 hari jumat pukul 10.00. Proklamasi kemerdekaan ini merupakan batu fondasi paling penting dalam sejarah indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.
Kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan dengan ongkos yang murah, ribuan pejuang kemerdekaan mulai dari jaman kerajaan sampai pasca kebangkitan nasional telah gugur untuk mendukung ide kebebasan dan kemerdekaan.
Pasca proklamasi, negara lain-terutama Belanda masih belum mengakui bahkan melakukan 2 kali agresi militer untuk menggoyang kedaulatan Indonesia. Agresi militer yang paling besar terjadi di Yogyakarta 1948 yang juga menjadi tonggak dan momentum pengakuan bangsa bangsa dunia atas kedaulatan Indonesia.
Sampai saat ini momentum hari kemerdekaan 17 Agustus masih dirayakan oleh semua warga negara Indonesia.


 8. 1965 G 30/ S PKI atau Supersemar

 
Momen peralihan kekuasaan terjadi pada tahun 1965, momen ini diindikasikan merupakan kulminasi antara ketidakpuasan rakyat atas kinerja pemimpin bangsa di bidang ekonomi, adanya kekuatan militer yang ingin berkuasa dan pengaruh blok barat untuk mempertahankan supremasi ideologi kapitalis liberalis di Asia Pasifik.
Peralihan kekuasaan ini dimulai dengan adanya pemberontakan oleh Internal militer (resimen cakrabirawa) untuk menculik jendral berpengaruh angkatan darat. Kekacauan ini ditunggangi oleh pihak tertentu untuk melakukan pengambil-alihan sebagian kekuasaan dari presiden RI sekaligus memusnahkan partai komunis indonesia dari percaturan politik. Pemusnahan komunis yang terkenal ini memakan korban luar biasa, beberapa sejarahwan mengatakan tidak kurang dari 500.000 orang dibunuh pada periode 1966-1970.
Kekacauan politik ini menahbiskan penguasa baru yaitu Jendral Soeharto sebagai Presiden RI sampai 32 tahun

 9. 1998 Gelombang Reformasi dan Lengsernya Soeharto

  
Pada tahun 1998 sejarah 1965 berulang, pada tahun 1998 ini terjadi people power dimana masyarakat sebagai populi dengan agen terdepan mahasiswa memaksa presiden Soeharto untuk mundur dan menyerahkan mandat dari MPR.
Gelombang reformasi ini dimulai dari adanya gejolak ekonomi luar biasa yang terjadi di Asia Tenggara pada tahun 1997. Gejolak ekonomi tersebut menjadikan nilai tukar rupiah di pasar Internasional sangat lemah, US$ yang sebelumnya diperdagangkan pada kisaran 2.500 Rupiah sempat menguat sampai puncaknya yaitu 16.500 Rupiah. Imbas dari lemahnya mata uang ini menjadikan roda ekonomi ekspor dan impor tidak berjalan sehingga menurunkan kualitas hidup masyarakat.
Pasca mundurnya Soeharto muncul suksesor jabatan president seperti Abdurrahman Wahid, Megawati dan Susilo Bambang Yudoyono.

10. 2004 Tsunami Samudera Hindia
 
  
Bencana kolosal terakhir yang terjadi di Indonesia adalah Gempa-Tsunami Samudra Pasifik yang memakan korban lebih dari 200.000 orang di Indonesia saja. Bencana ini dicatat sebagai salah satu kejadian alam yang memakan korban paling banyak dalam sejarah dunia Modern.
H. Jusuf Kalla yang cerdik memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan rekonsiliasi dengan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang memberontak mulai tahun 1970 an.





2 comments:

Lowongan Kerja said...

Gelombang reformasi ini dimulai dari adanya gejolak ekonomi luar biasa yang terjadi di Asia Tenggara pada tahun 1997. Gejolak ekonomi tersebut menjadikan nilai tukar rupiah di pasar Internasional sangat lemah, US$ yang sebelumnya diperdagangkan pada kisaran 2.500 Rupiah sempat menguat sampai puncaknya yaitu 16.500 Rupiah. Imbas dari lemahnya mata uang ini menjadikan roda ekonomi ekspor dan impor tidak berjalan sehingga menurunkan kualitas hidup masyarakat.

Vanessa Purnama said...

Visit Back ya boss :)

http://camaragenbandarq.blogspot.com/2017/05/tips-dan-trik-jitu-bermain-domino-qq.html
http://agenbandarqcamarqq.blogspot.com/2017/05/tips-dan-trik-jitu-bermain-bandarq.html
http://agendomino99camarqq.blogspot.com/2017/05/moto-situs-agen-domino-qq-online.html
http://agendominocamar.blogspot.com/2017/05/cara-mendaftar-di-situs-agen-domino-qq.html
http://agendominocamarqq.blogspot.com/2017/05/mengenal-situs-agen-domino-qq-online.html
http://www.jakartatercinta.com/2017/05/mengenal-situs-camarqq-agen-domino-qq.html

Post a Comment

Sebelumnya saya ingin mengucapkan 'Thanks For Visit'
1. Komen harus yg bermanfaat (NO SPAM) question.? it's okay
2. merupakan Kritik (NO SARA)
3. Dilarang Menyebarkan LINK yang Berisi PORNOGRAFI dan Sejenisnya

THANKS