Awal Mula Munculnya Uang Koin

Posted by Unknown On Wednesday, October 31, 2012 0 comments
Name:  koin.jpg
Views: 361
Size:  11.4 KB


"Uang logam" pertama kali diproduksi oleh Cina pada abad 500 SM. Meskipun secara teknis bukan koin, bentuk uang logam tersebut adalah koin seperti uang yang terbuat dari bahan logam, seperti perunggu. "Koin" ini tidak standar atau dijamin oleh monarki atau otoritas pemerintah; koin pertama muncul saat kekuasaan Raja Croesus Lydian.

Berikut ini 
perkembangan uang koin selama kekuasaan Raja Croesus Lydian :


1.    Raja Ards Lydia (652-615 SM), selama pemerintahannya koin diproduksi secara alami yang terbuat dari paduan emas dan perak dan dikenal sebagai electrum, gumpalan emas dan perak ini mudah ditemukan di pegunungan dan sungai. Gumpalan ini dilunakkan melalui proses pemanasan dan ditempatkan pada piring yang kasar dan kemudian dipukul.
2.    Dua kemajuan besar dilakukan dalam produksi mata uang selama pemerintahan Raja Alyattes (610-561 SM), putra Raja Ardys. Pertama, menetapkan 168 butir emas sebagai standar untuk koin. Desain digunakan pada koin agar tidak terlihat polos. Koin-koin selama pemerintahan Alyattes itu terbuat dari palu agar memungkinkan supaya desain bisa dilakukan secara bersamaan di kedua sisi koin.
3.    Raja Croesus Lydian (560-546 SM) menciptakan koin resmi pertama kali di dunia. Koin ini dikeluarkan oleh otoritas negara dan dijamin oleh raja. Mereka memiliki simbol resmi kekaisaran, kepala singa, dan kandungan logam mata uang murni. Croesus bahkan melarang penggunaan electrum, sehingga hanya perak murni dan koin emas yang beredar. Beliau juga menetapkan standar bimetal pertama kali yaitu tiga belas batang perak setara satu batang emas.
4.    Kerajaan Lydia berakhir di 546 SM ketika ditaklukkan oleh Raja Persia yaitu Cyrus Agung. Pengganti Cyrus, Darius Agung (521-486 SM) mulai mencolok koin baru yang dikenal sebagai daric. Darius memperkenalkan tembaga dalam rangka untuk mengatasi masalah kemurnian emas yang terlalu lunak untuk penggunaan sehari-hari. Daric terdiri dari 95 persen emas, 3 persen tembaga, perak dan 2 persen bahan lainnya. Koin ini menjadi standar baru di seluruh wilayah di bawah kekuasaan Persia dan Mediterania selama hampir dua ratus tahun yang akan datang.

0 comments:

Post a Comment

Sebelumnya saya ingin mengucapkan 'Thanks For Visit'
1. Komen harus yg bermanfaat (NO SPAM) question.? it's okay
2. merupakan Kritik (NO SARA)
3. Dilarang Menyebarkan LINK yang Berisi PORNOGRAFI dan Sejenisnya

THANKS